Skill yang Harus Dimiliki Ahli K3 Umum

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan bagian terpenting dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu, tak heran jika banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut atau disebut dengan ahli K3 umum.  

Biasanya, perusahaan dengan risiko kerja yang tinggi, seperti pabrik kimia, perusahan konstruksi, dan pertambangan memiliki kebutuhan akan AK3U yang lebih besar. 
 

Skill yang Harus Dimiliki Ahli K3 Umum

 

Skill yang harus dimiliki ahli K3 umum

Selain memiliki riwayat pendidikan terakhir sarjana atau sarjana muda, pengalaman kerja 2 sampai 4 tahun, serta lulus sertifikasi, ada beberapa skill lainnya yang harus Anda miliki untuk berkarir sebagai seorang AK3U di sebuah instansi. Berikut skill yang harus dimiliki antara lain :

• Kemampuan komunikasi yang baik
Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan salah satu skill penting yang harus dimiliki ahli K3. Hal ini dikarenakan, dalam pekerjaan ini Anda akan berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai tingkat organisasi sehingga Anda harus bisa menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif, baik secara langsung maupun tertulis. 

• Memahami regulasi K3
Berhubung sebagian besar pekerjaan ahli K3 adalah mengawasi jalannya pelaksanaan peraturan K3 sesuai dengan yang tercantum dalam undang-undang dan Peraturan Pemerintah (PP), maka sudah seharusnya Anda memiliki pemahaman yang kuat akan dua hal tersebut. 

• Mampu mengoperasikan komputer dengan baik
Sebagai ahli K3, nantinya Anda harus membuat laporan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas K3 serta melakukan presentasi di hadapan atasan dan karyawan lainnya. Itulah mengapa, Anda harus memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dengan baik, minimal mahir mengoperasi Microsoft Word dan PowerPoint.

Kemampuan ini juga dapat membantu Anda untuk lebih mudah mempelajari dan beradaptasi dengan teknologi baru karena setiap instansi menggunakan software atau aplikasi yang berbeda-beda.

• Kemampuan observasi yang baik
AK3U tidak hanya memastikan pelaksanaan K3 sesuai dengan undang-undang dan Peraturan Pemerintah (PP) saja, tapi juga harus mampu mengidentifikasi penyebab kecelakaan kerja. Agar dapat menemukan penyebab kejadian tersebut, tentunya Anda harus memiliki kemampuan observasi yang baik.

Dengan begitu, Anda bisa mengenali bahaya atau kondisi kerja yang tidak aman dengan baik, serta menetapkan langkah-langkah yang tepat sebagai tindakan pencegahan.

• Memiliki keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang baik
Dalam hal keselamatan, pengambilan keputusan yang baik sangat penting. Seorang ahli K3 akan diminta untuk menilai masalah terkait keselamatan dan memberikan rekomendasi yang tepat untuk mengatasi masalah.

Ini artinya Anda harus dapat mengumpulkan data yang relevan, menganalisisnya, dan menemukan solusi yang tepat.

• Kemampuan menyusun skala prioritas
Tak hanya satu proyek saja, ahli K3 bisa saja menangani banyak proyek dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu, ahli K3 harus mampu menentukan dan menyusun skala prioritas dengan baik.

Dengan memiliki kemampuan ini, Anda akan lebih mudah dalam menyelesaikan proyek tepat waktu.

• Mampu membangun hubungan baik dengan atasan maupun rekan kerja
Ingat, sebagai ahli K3, Anda akan berhubungan dengan banyak orang, baik atasan maupun rekan kerja sehingga kemampuan dalam membangun hubungan kerja yang baik sangat diperlukan.

Selain itu, Anda juga harus dapat meyakinkan atasan maupun rekan kerja untuk menerima rekomendasi keselamatan dan kebijakan yang Anda usulkan.

Bayangkan kalau Anda tidak mampu membangun hubungan yang baik dengan atasan maupun rekan kerja, tentu akan sangat sulit saat mengusulkan rekomendasi solusi dan kebijakan.

• Memiliki sertifikasi ahli K3 umum
Memiliki sertifikasi AK3U atau K3 lainnya merupakan hal yang paling penting bila ingin berkarir sebagai ahli K3. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan bila memiliki sertifikasi ahli K3.

Sertifikasi bisa menjadi bukti bahwa Anda memang memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sertifikasi juga biasanya menjadi salah satu persyaratan wajib yang harus dimiliki calon karyawan saat melamar sebagai AK3U di sebuah perusahaan.

Tak hanya itu saja, sertifikasi juga akan memperbesar peluang Anda diterima bekerja di perusahaan serta menambah rasa percaya diri Anda saat bersaing dengan kandidat lainnya.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, Anda bisa mengikuti pelatihan selama beberapa hari yang dilanjutkan dengan uji kompetensi sampai akhirnya dinyatakan lulus dan resmi menyandang gelar ahli K3 umum, ahli madya K3 konstruksi, ataupun gelar lainnya.

 

___

Sumber Artikel